Sabtu, 07 Januari 2012

SILABUS KELAS IV

Nama Sekolah              : SEKOLAH DASAR (SD)
Mata Pelajaran             : PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
Kelas                           : IV
Semester                      : 1

STANDAR KOMPETENSI:
1.      Memahami sistem pemerintahan desa dan pemerintah kecamatan.
Kompetensi Dasar
Materi Ajar
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu (menit)
Sumber/Bahan Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
1.1  Mengenal lembaga-lembaga dalam susunan pemerintahan desa dan pemerintah kecamatan.

Desa
·  Menyimak pemahaman desa menurut PP No. 72 tahun 2005 tentang Desa.
·  Menyebutkan persyaratan yang harus dipenuhi untuk pembentukan desa.
·  Memahami arti pembentukan, penggabungan, pemekaran, dan perubahan status desa.

Menjelaskan lingkungan desa.
Tugas individu
·  Penilaian lisan
·  Penilaian unjuk kerja (keberanian untuk menyampaikan pendapat)
Mengapa pemerintah desa dapat memanfaatkan kekayaan desa sebagai dana penyelenggaraan pemerintah desa?
4 x 35 menit
·  Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas IV, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hlm. 1-10, 11-14, 15-16.
·  Orang tua.
·  Teman.
·  Lingkungan rumah (keluarga, sekolah, dst.).


·  Mengenal pemerintahan desa (kepala desa dan BPD) dan perangkat desa (sekretaris desa, sekretariat desa, pelaksana teknis lapangan, dan unsur kewilayahan).
·  Menyebutkan persyaratan dan cara pemilihan kepala desa.
·  Menyebutkan tugas, wewenang, dan kewajiban kepala desa.
·  Mengetahui pertanggungjawaban kepala desa.
Menyebutkan perangkat desa.







·  Menyebutkan sumber-sumber keuangan desa.
Menyebutkan sumber keuangan desa

.






Kelurahan.
·  Menyimak pemahaman kelurahan menurut PP No. 73 tahun 2005 tentang Kelurahan.
·  Menyebutkan persyaratan yang harus dipenuhi untuk pembentukan kelurahan.
·  Memahami arti pembentukan, penggabungan, dan pemekaran kelurahan.
·  Mengidentifikasi perbedaan antara kelurahan dan desa.
Menjelaskan lingkungan kelurahan.

·     Penilaian tulisan
·     Penilaian sikap (pengamatan perilaku)
Mengumpulkan laporan dan mencatat hasil diskusi: mengapa bantuan pihak ketiga atau sumber lain kepada kelurahan harus bersifat tidak mengikat dan sah?




·  Mengenal lurah dan perangkat kelurahan (sekretaris kelurahan, seksi-
Menyebutkan perangkat kelurahan.







seksi, dan jabatan fungsional).








·     Menyebutkan sumber-sumber keuangan kelurahan.
Menyebutkan sumber keuangan kelurahan.






Kecamatan.
·     Menyimak pemahaman tentang pengertian kecamatan.
·     Mengenal camat dan perangkat kecamatan (sekretaris camat dan seksi-seksi).
·     Mengetahui tugas dan pertanggungjawaban camat.
·     Mengetahui partner kerja sama camat (Danramil dan Kapolsek)


Menjelaskan lingkungan kecamatan dan menyebutkan perangkatnya.

·     Penilaian tulisan
·     Penilaian sikap (pengamatan perilaku)
Mengumpulkan laporan dan mencatat hasil diskusi: mengapa semua perangkat kecamatan bertanggung jawab kepada camat? Mengapa camat mendapatkan gaji dari pemerintah?


1.2.  Menggambarkan struktur organisasi desa dan pemerintah kecamatan.


Struktur pemerintahan desa, kelurahan, dan kecamatan.
·     Mengamati gambar struktur pemerintahan desa, kelurahan, dan kecamatan.
Memahami gambar struktur pemerintahan desa, kelurahan, dan kecamatan.



2 x 35 menit
·     Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas IV, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hlm. 9, 13, 16.
·     Orang tua.
·     Teman.
·     Lingkungan rumah (keluarga, sekolah, dst.).





Mengetahui,
Kepala Sekolah


______________________
NIP.
….., …..
Guru Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan


_______________________________
NIP.


Nama Sekolah              : SEKOLAH DASAR (SD)
Mata Pelajaran : PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
Kelas                           : IV
Semester                      : 1

STANDAR KOMPETENSI:
2.      Memahami sistem pemerintahan kabupaten, kota, dan provinsi.
Kompetensi Dasar
Materi Ajar
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu (menit)
Sumber/Bahan Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
2.1  Mengenal lembaga-lembaga dalam susunan pemerintahan kabupaten, kota, dan provinsi.

Pemerintah kabupaten/kota.
·     Menyebutkan kepala daerah kabupaten/kota.
·     Mengenal perangkat daerah kabupaten/kota (sekretariat daerah, dinas daerah, lembaga teknis daerah, kecamatan, dan kelurahan).
·     Menjelaskan cara pemilihan kepala daerah kabupaten/kota dan pertanggungjawabannya.
Menjelaskan pemerintahan kabupaten/kota.
Tugas individu
·     Penilaian lisan
·     Penilaian unjuk kerja (keberanian untuk menyampaikan pendapat)
Apa yang dimaksud dengan otonomi daerah?
4 x 35 menit
·     Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk SDr Kelas IV, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hlm. 33-37, 38-41, 41-42.
·     Orang tua.
·     Teman.
·     Lingkungan rumah (keluarga, sekolah, dst.).



·     Menyimak pemahaman tentang kewenangan pemerintah daerah kabupaten/kota.
·     Menyebutkan kewajiban daerah dalam penyelenggaraan otonomi daerah.
Menyebutkan ewenangan pemerintah kabupaten/kota.






Pemerintah provinsi di Indonesia.
·     Mengenal pemerintahan provinsi (gubernur dan DPRD) serta pertanggungjawabannya.
Menjelaskan pemerintahan provinsi.







·     Menyimak pemahaman tentang kewenangan daerah provinsi.
·     Menyebutkan tugas dan wewenang pemerintah daerah serta kewajiban kepala daerah.


Menyebutkan kewenangan pemerintah provinsi.






Dewan Perwakilan Rakyat Daerah.
·     Memahami pengertian DPRD.
·     Mengetahui keanggotaan DPRD
·     Menyebutkan tugas, wewenang, hak, dan kewajiban DPRD.
Memahami tugas, wewenang, hak, dan kewajiban DPRD.

·      Penilaian lisan
·      Penilaian unjuk kerja (keberani-an untuk menyam-paikan pendapat)
Mengapa gubernur wajib memegang teguh dan mengamalkan Pancasila dan UUD 1945?


2.2  Menggambarkan struktur organisasi kabupaten, kota, dan provinsi.

Struktur pemerintahan kabupaten/kota dan provinsi.
·     Mengamati gambar struktur pemerintahan kabupaten/kota dan provinsi.
Memahami gambar struktur pemerintahan kabupaten/kota dan provinsi.



2 x 35 menit
·     Buku paket PKn SD Kelas IV ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilu-jeng, M.Pd.) hlm. 35, 40.
·     Orang tua.
·     Teman.
·     Lingkungan rumah (keluarga, sekolah, dst.).




Mengetahui,
Kepala Sekolah
______________________
NIP.



….., …..
Guru Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan

______________________________
NIP.











Nama Sekolah              : SEKOLAH DASAR (SD)
Mata Pelajaran : PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
Kelas                           : IV
Semester                      : 2

STANDAR KOMPETENSI:
3.      Mengenal sistem pemerintahan tingkat pusat.
Kompetensi Dasar
Materi Ajar
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu (menit)
Sumber/Bahan Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen



3.1  Mengenal lembaga-lembaga negara dalam susunan pemerintahan tingkat pusat, seperti MPR, DPR, Presiden, MA, MK, dan BPK, dll.

Pengertian pemerintah.
·     Menyimak pengertian pemerintah, pemerintahan, dan sistem pemerintahan.
·     Menyebutkan komponen-komponen pemerintahan (eksekutif, legislatif, dan yudikatif.
·     Menyimak pemahaman tentang sistem presidensial.
Menjelaskan pengertian pemerintah dan sistem pemerintahan.
Tugas individu
·     Penilaian lisan
·     Penilaian unjuk kerja (keberanian untuk menyampaikan pendapat)
Mengapa dalam suatu negara harus ada pemerintahan?
4 x 35 menit
·     Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas IV, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hlm. 57-59, 60-72.
·     Orang tua.
·     Teman.
·     Lingkungan rumah (keluarga, sekolah, dst.).


Komponen pemerintahan di Indonesia
·     Menyebutkan lembaga-lembaga legislatif (MPR, DPR, dan DPD).
·     Menjelaskan keanggotaan MPR, DPR, dan DPD.
·     Menyebutkan tugas dan wewenang MPR, DPR, dan DPD.
Menjelaskan lembaga legislatif
Tugas individu
·     Penilaian lisan
·     Penilaian unjuk kerja (keberanian untuk menyampai-kan pendapat)
Bagaimana susunan keanggotaan dan kedudukannya?
Apa tugas dan wewenangnya?




·     Menjelaskan pengertian lembaga eksekutif.
·     Menyebutkan para pembantu presiden (wakil presiden dan para menteri).
·     Menyebutkan tugas dan wewenang presiden selaku kepala negara.
·     Menyebutkan
Menjelaskan lembaga eksekutif
Tugas kelompok
·     Penilaian lisan
·     Penilaian unjuk kerja (keberanian untuk menyampa-ikan penda-pat)
Apa arti lembaga eksekutif?
Apa saja tugas-tugas presiden?




tugas dan wewenang presiden selaku kepala pemerintahan.








·     Menjelaskan pengertian lembaga yudikatif.
·     Menyebutkan tugas dan wewenang MA, Mahkamah Konstitusi, dan Komisi Yudisial.
Menjelaskan lembaga yudikatif
Tugas kelom-pok
·     Penilaian lisan
·     Penilaian unjuk kerja (keberanian untuk menyampai-kan pendapat)
Mendiskusikan lembaga-lembaga (MA, MK, dan KY).
Apa tugas dan kewenangan lembaga-lembaga tersebut?




·     Menjelaskan keanggotaan BPK.
·     Menjelaskan tugas dan wewenang BPK.
Menjelaskan Badan Pemeriksa Keuangan
Tugas kelom-pok
·     Penilaian lisan
·     Penilaian unjuk kerja (keberanian untuk menyampai-kan pendapat)
Apa tugas BPK?
Kepada siapa hasil tugas BPK diserahkan?




·     Menjelaskan tugas dan wewenang KPU
Menjelaskan Komisi Pemilihan Umum






3.2 Menyebutkan organisasi pemerintahan tingkat pusat, seperti presiden, wakil presiden, dan para menteri.

Lembaga eksekutif
·     Menjelaskan pengertian lembaga eksekutif.
·     Menyebutkan para pembantu presiden (wakil presiden dan para menteri).
·     Menyebutkan tugas dan wewenang presiden selaku kepala negara.
·     Menyebutkan tugas dan wewenang presiden
Memahami lembaga eksekutif (presiden).






Mengetahui,
Kepala Sekolah


______________________
NIP.
….., …..
Guru Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan

_______________________________
NIP.















Nama Sekolah              : SEKOLAH DASAR (SD)
Mata Pelajaran : PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
Kelas                           : IV
Semester                      : 2

STANDAR KOMPETENSI:
4.      Menunjukkan sikap terhadap globalisasi di lingkungannya.
Kompetensi Dasar
Materi Ajar
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu (menit)
Sumber/Bahan Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
4.1  Memberikan contoh sederhana pengaruh globalisasi di lingkungannya.

Arti dan sejarah globalisasi.
·     Memahami manusia sebagai makhluk sosial (hidup bersama dengan manusia lainnya).
·     Memahami arti globalisasi.
·     Mengetahui sejarah globalisasi dan perkembangan-nya.
Menceritakan proses globalisasi.
Tugas individu
·     Penilaian lisan
·     Penilaian unjuk kerja (keberanian untuk menyampaikan pendapat)
Mengapa globalisasi terjadi?
4 x 35 menit
·     Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas IV, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hlm. 85-90, 91-96, 97-98.
·     Orang tua.
·     Teman.
·     Lingkungan rumah (keluarga, sekolah, dst.).

Kita di tengah-tengah globalisasi
·     Menceritakan pengaruh globalisasi pada makanan, permainan, dan kebudayaan.
Menyebutkan pengaruh globalisasi pada makanan, permainan, dan kebudayaan.

·     Penilaian lisan (keberanian menyampaikan pendapat)
·     Penilaian tulisan
·     Penilaian sikap (pengamatan perilaku)
Buatlah tabel mengenai makanan impor apa saja yang digemari di Indonesia.

Mengapa permainan playstation atau game di komputer di Indonesia?



Sikap kita terhadap globalisasi.
·     Menjelaskan sikap kita terhadap pengaruh globalisasi.
Menjelaskan sikap terhadap pengaruh globalisasi.





4.2  Mengidentifikasi jenis budaya Indonesia yang pernah ditampilkan dalam misi kebudayaan internasional.

Kita di tengah-tengah globalisasi.
·     Menyebutkan contoh-contoh kebudayaan Indonesia (tarian tradisional) dan asing.
·     Menampilkan dampak positif.
Menjelaskan globalisasi kebudayaan.

·     Penilaian tulisan
·     Penilaian sikap (pengamatan perilaku)
Buatlah daftar mengenai jenis budaya asing yang kini popular di Indonesia.

·     Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas IV, terbitan ESIS, karangan Dra.


globalisasi, seperti mengirimkan misi kebudayaan Indonesia ke luar negeri





Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hlm. 95-96.
·     Orang tua.
·     Teman.
Lingkungan rumah (keluarga, sekolah, dst.).
4.3. Menentukan sikap terhadap pengaruh globalisasi yang terjadi di lingkungannya.

Sikap kita terhadap globalisasi
·     Menyebutkan dampak negatif dan positif dari globalisasi.
·     Menyebutkan contoh-contoh dampak (positif dan negatif) globalisasi.
·     Menentukan sikap kita terhadap pengaruh globalisasi.
Menjelaskan sikap kita terhadap globalisasi.

·     Penilaian tulisan
·     Penilaian sikap (pengamatan perilaku)
Mengisi kolom skala sikap.

·     Buku paket (Buku PKn untuk Sekolah Dasar Kelas IV, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hlm. 97-98.
·     Orang tua.
·     Teman.
·     Lingkungan rumah (keluarga, sekolah, dst.).

Mengetahui,
Kepala Sekolah


______________________
NIP.
….., …..
Guru Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan

_______________________________
NIP.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar