Nama Sekolah : SEKOLAH DASAR (SD)
Mata Pelajaran : PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
Kelas : IV
Semester : 1
STANDAR KOMPETENSI:
1. Memahami sistem pemerintahan desa dan pemerintah kecamatan.
Kompetensi Dasar | Materi Ajar | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu (menit) | Sumber/Bahan Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
1.1 Mengenal lembaga-lembaga dalam susunan pemerintahan desa dan pemerintah kecamatan. | Desa | · Menyimak pemahaman desa menurut PP No. 72 tahun 2005 tentang Desa. · Menyebutkan persyaratan yang harus dipenuhi untuk pembentukan desa. · Memahami arti pembentukan, penggabungan, pemekaran, dan perubahan status desa. | Menjelaskan lingkungan desa. | Tugas individu | · Penilaian lisan · Penilaian unjuk kerja (keberanian untuk menyampaikan pendapat) | Mengapa pemerintah desa dapat memanfaatkan kekayaan desa sebagai dana penyelenggaraan pemerintah desa? | 4 x 35 menit | · Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas IV, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hlm. 1-10, 11-14, 15-16. · Orang tua. · Teman. · Lingkungan rumah (keluarga, sekolah, dst.). |
| | · Mengenal pemerintahan desa (kepala desa dan BPD) dan perangkat desa (sekretaris desa, sekretariat desa, pelaksana teknis lapangan, dan unsur kewilayahan). · Menyebutkan persyaratan dan cara pemilihan kepala desa. · Menyebutkan tugas, wewenang, dan kewajiban kepala desa. · Mengetahui pertanggungjawaban kepala desa. | Menyebutkan perangkat desa. | | | | | |
| | · Menyebutkan sumber-sumber keuangan desa. | Menyebutkan sumber keuangan desa . | | | | | |
| Kelurahan. | · Menyimak pemahaman kelurahan menurut PP No. 73 tahun 2005 tentang Kelurahan. · Menyebutkan persyaratan yang harus dipenuhi untuk pembentukan kelurahan. · Memahami arti pembentukan, penggabungan, dan pemekaran kelurahan. · Mengidentifikasi perbedaan antara kelurahan dan desa. | Menjelaskan lingkungan kelurahan. | | · Penilaian tulisan · Penilaian sikap (pengamatan perilaku) | Mengumpulkan laporan dan mencatat hasil diskusi: mengapa bantuan pihak ketiga atau sumber lain kepada kelurahan harus bersifat tidak mengikat dan sah? | | |
| | · Mengenal lurah dan perangkat kelurahan (sekretaris kelurahan, seksi- | Menyebutkan perangkat kelurahan. | | | | | |
| | seksi, dan jabatan fungsional). | | | | | | |
| | · Menyebutkan sumber-sumber keuangan kelurahan. | Menyebutkan sumber keuangan kelurahan. | | | | | |
| Kecamatan. | · Menyimak pemahaman tentang pengertian kecamatan. · Mengenal camat dan perangkat kecamatan (sekretaris camat dan seksi-seksi). · Mengetahui tugas dan pertanggungjawaban camat. · Mengetahui partner kerja sama camat (Danramil dan Kapolsek) | Menjelaskan lingkungan kecamatan dan menyebutkan perangkatnya. | | · Penilaian tulisan · Penilaian sikap (pengamatan perilaku) | Mengumpulkan laporan dan mencatat hasil diskusi: mengapa semua perangkat kecamatan bertanggung jawab kepada camat? Mengapa camat mendapatkan gaji dari pemerintah? | | |
1.2. Menggambarkan struktur organisasi desa dan pemerintah kecamatan. | Struktur pemerintahan desa, kelurahan, dan kecamatan. | · Mengamati gambar struktur pemerintahan desa, kelurahan, dan kecamatan. | Memahami gambar struktur pemerintahan desa, kelurahan, dan kecamatan. | | | | 2 x 35 menit | · Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas IV, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hlm. 9, 13, 16. · Orang tua. · Teman. · Lingkungan rumah (keluarga, sekolah, dst.). |
Mengetahui, Kepala Sekolah ______________________ NIP. | ….., ….. Guru Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan _______________________________ NIP. |
Nama Sekolah : SEKOLAH DASAR (SD)
Mata Pelajaran : PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
Kelas : IV
Semester : 1
STANDAR KOMPETENSI:
2. Memahami sistem pemerintahan kabupaten, kota , dan provinsi.
Kompetensi Dasar | Materi Ajar | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu (menit) | Sumber/Bahan Belajar | |||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | |||||||
2.1 Mengenal lembaga-lembaga dalam susunan pemerintahan kabupaten, | Pemerintah kabupaten/kota. | · Menyebutkan kepala daerah kabupaten/kota. · Mengenal perangkat daerah kabupaten/kota (sekretariat daerah, dinas daerah, lembaga teknis daerah, kecamatan, dan kelurahan). · Menjelaskan cara pemilihan kepala daerah kabupaten/kota dan pertanggungjawabannya. | Menjelaskan pemerintahan kabupaten/kota. | Tugas individu | · Penilaian lisan · Penilaian unjuk kerja (keberanian untuk menyampaikan pendapat) | Apa yang dimaksud dengan otonomi daerah? | 4 x 35 menit | · Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk SDr Kelas IV, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hlm. 33-37, 38-41, 41-42. · Orang tua. · Teman. · Lingkungan rumah (keluarga, sekolah, dst.). | |
| | · Menyimak pemahaman tentang kewenangan pemerintah daerah kabupaten/kota. · Menyebutkan kewajiban daerah dalam penyelenggaraan otonomi daerah. | Menyebutkan ewenangan pemerintah kabupaten/kota. | | | | | | |
| Pemerintah provinsi di | · Mengenal pemerintahan provinsi (gubernur dan DPRD) serta pertanggungjawabannya. | Menjelaskan pemerintahan provinsi. | | | | | | |
| | · Menyimak pemahaman tentang kewenangan daerah provinsi. · Menyebutkan tugas dan wewenang pemerintah daerah serta kewajiban kepala daerah. | Menyebutkan kewenangan pemerintah provinsi. | | | | | | |
| Dewan Perwakilan Rakyat Daerah. | · Memahami pengertian DPRD. · Mengetahui keanggotaan DPRD · Menyebutkan tugas, wewenang, hak, dan kewajiban DPRD. | Memahami tugas, wewenang, hak, dan kewajiban DPRD. | | · Penilaian lisan · Penilaian unjuk kerja (keberani-an untuk menyam-paikan pendapat) | Mengapa gubernur wajib memegang teguh dan mengamalkan Pancasila dan UUD 1945? | | | |
2.2 Menggambarkan struktur organisasi kabupaten, kota, dan provinsi. | Struktur pemerintahan kabupaten/kota dan provinsi. | · Mengamati gambar struktur pemerintahan kabupaten/kota dan provinsi. | Memahami gambar struktur pemerintahan kabupaten/kota dan provinsi. | | | | 2 x 35 menit | · Buku paket PKn SD Kelas IV ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilu-jeng, M.Pd.) hlm. 35, 40. · Orang tua. · Teman. · Lingkungan rumah (keluarga, sekolah, dst.). | |
Mengetahui, Kepala Sekolah ______________________ NIP. | ….., ….. Guru Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan ______________________________ NIP. | ||||||||
Nama Sekolah : SEKOLAH DASAR (SD)
Mata Pelajaran : PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
Kelas : IV
Semester : 2
STANDAR KOMPETENSI:
3. Mengenal sistem pemerintahan tingkat pusat.
Kompetensi Dasar | Materi Ajar | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu (menit) | Sumber/Bahan Belajar | |||||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | | | |||||||
3.1 Mengenal lembaga-lembaga negara dalam susunan pemerintahan tingkat pusat, seperti MPR, DPR, | Pengertian pemerintah. | · Menyimak pengertian pemerintah, pemerintahan, dan sistem pemerintahan. · Menyebutkan komponen-komponen pemerintahan (eksekutif, legislatif, dan yudikatif. · Menyimak pemahaman tentang sistem presidensial. | Menjelaskan pengertian pemerintah dan sistem pemerintahan. | Tugas individu | · Penilaian lisan · Penilaian unjuk kerja (keberanian untuk menyampaikan pendapat) | Mengapa dalam suatu negara harus ada pemerintahan? | 4 x 35 menit | · Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas IV, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hlm. 57-59, 60-72. · Orang tua. · Teman. · Lingkungan rumah (keluarga, sekolah, dst.). | |||
| Komponen pemerintahan di | · Menyebutkan lembaga-lembaga legislatif (MPR, DPR, dan DPD). · Menjelaskan keanggotaan MPR, DPR, dan DPD. · Menyebutkan tugas dan wewenang MPR, DPR, dan DPD. | Menjelaskan lembaga legislatif | Tugas individu | · Penilaian lisan · Penilaian unjuk kerja (keberanian untuk menyampai-kan pendapat) | Bagaimana susunan keanggotaan dan kedudukannya? Apa tugas dan wewenangnya? | | | |||
| | · Menjelaskan pengertian lembaga eksekutif. · Menyebutkan para pembantu presiden (wakil presiden dan para menteri). · Menyebutkan tugas dan wewenang presiden selaku kepala negara. · Menyebutkan | Menjelaskan lembaga eksekutif | Tugas kelompok | · Penilaian lisan · Penilaian unjuk kerja (keberanian untuk menyampa-ikan penda-pat) | Apa arti lembaga eksekutif? Apa saja tugas-tugas presiden? | | | |||
| | tugas dan wewenang presiden selaku kepala pemerintahan. | | | | | | | |||
| | · Menjelaskan pengertian lembaga yudikatif. · Menyebutkan tugas dan wewenang MA, Mahkamah Konstitusi, dan Komisi Yudisial. | Menjelaskan lembaga yudikatif | Tugas kelom-pok | · Penilaian lisan · Penilaian unjuk kerja (keberanian untuk menyampai-kan pendapat) | Mendiskusikan lembaga-lembaga (MA, MK, dan KY). Apa tugas dan kewenangan lembaga-lembaga tersebut? | | | |||
| | · Menjelaskan keanggotaan BPK. · Menjelaskan tugas dan wewenang BPK. | Menjelaskan Badan Pemeriksa Keuangan | Tugas kelom-pok | · Penilaian lisan · Penilaian unjuk kerja (keberanian untuk menyampai-kan pendapat) | Apa tugas BPK? Kepada siapa hasil tugas BPK diserahkan? | | | |||
| | · Menjelaskan tugas dan wewenang KPU | Menjelaskan Komisi Pemilihan Umum | | | | | | |||
3.2 Menyebutkan organisasi pemerintahan tingkat pusat, seperti presiden, wakil presiden, dan para menteri. | Lembaga eksekutif | · Menjelaskan pengertian lembaga eksekutif. · Menyebutkan para pembantu presiden (wakil presiden dan para menteri). · Menyebutkan tugas dan wewenang presiden selaku kepala negara. · Menyebutkan tugas dan wewenang presiden | Memahami lembaga eksekutif (presiden). | | | | | | |||
Mengetahui, Kepala Sekolah ______________________ NIP. | ….., ….. Guru Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan _______________________________ NIP. |
Nama Sekolah : SEKOLAH DASAR (SD)
Mata Pelajaran : PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
Kelas : IV
Semester : 2
STANDAR KOMPETENSI:
4. Menunjukkan sikap terhadap globalisasi di lingkungannya.
Kompetensi Dasar | Materi Ajar | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu (menit) | Sumber/Bahan Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
4.1 Memberikan contoh sederhana pengaruh globalisasi di lingkungannya. | Arti dan sejarah globalisasi. | · Memahami manusia sebagai makhluk sosial (hidup bersama dengan manusia lainnya). · Memahami arti globalisasi. · Mengetahui sejarah globalisasi dan perkembangan-nya. | Menceritakan proses globalisasi. | Tugas individu | · Penilaian lisan · Penilaian unjuk kerja (keberanian untuk menyampaikan pendapat) | Mengapa globalisasi terjadi? | 4 x 35 menit | · Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas IV, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hlm. 85-90, 91-96, 97-98. · Orang tua. · Teman. · Lingkungan rumah (keluarga, sekolah, dst.). |
| Kita di tengah-tengah globalisasi | · Menceritakan pengaruh globalisasi pada makanan, permainan, dan kebudayaan. | Menyebutkan pengaruh globalisasi pada makanan, permainan, dan kebudayaan. | | · Penilaian lisan (keberanian menyampaikan pendapat) · Penilaian tulisan · Penilaian sikap (pengamatan perilaku) | Buatlah tabel mengenai makanan impor apa saja yang digemari di Mengapa permainan playstation atau game di komputer di | | |
| Sikap kita terhadap globalisasi. | · Menjelaskan sikap kita terhadap pengaruh globalisasi. | Menjelaskan sikap terhadap pengaruh globalisasi. | | | | | |
4.2 Mengidentifikasi jenis budaya Indonesia yang pernah ditampilkan dalam misi kebudayaan internasional. | Kita di tengah-tengah globalisasi. | · Menyebutkan contoh-contoh kebudayaan · Menampilkan dampak positif. | Menjelaskan globalisasi kebudayaan. | | · Penilaian tulisan · Penilaian sikap (pengamatan perilaku) | Buatlah daftar mengenai jenis budaya asing yang kini popular di Indonesia. | | · Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas IV, terbitan ESIS, karangan Dra. |
| | globalisasi, seperti mengirimkan misi kebudayaan | | | | | | Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hlm. 95-96. · Orang tua. · Teman. Lingkungan rumah (keluarga, sekolah, dst.). |
4.3. Menentukan sikap terhadap pengaruh globalisasi yang terjadi di lingkungannya. | Sikap kita terhadap globalisasi | · Menyebutkan dampak negatif dan positif dari globalisasi. · Menyebutkan contoh-contoh dampak (positif dan negatif) globalisasi. · Menentukan sikap kita terhadap pengaruh globalisasi. | Menjelaskan sikap kita terhadap globalisasi. | | · Penilaian tulisan · Penilaian sikap (pengamatan perilaku) | Mengisi kolom skala sikap. | | · Buku paket (Buku PKn untuk Sekolah Dasar Kelas IV, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hlm. 97-98. · Orang tua. · Teman. · Lingkungan rumah (keluarga, sekolah, dst.). |
Mengetahui, Kepala Sekolah ______________________ NIP. | ….., ….. Guru Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan _______________________________ NIP. |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar